Senin, 17 September 2012

Best First Job Ever (GH UNIVERSAL HOTEL)



Baru mau mulai nulis, ni otak dah flash back ke kenangan indah di tempat yang terkenal dengan nama GH. UNIVERSAL HOTEL. hotel keren bintang 5 ini jadi tempat saya pertama kali berkerja. Sebenernya saya kerja disini tuh ga nyambung banget sama pendidikan saya ambil, saya ga ada basic apapun soal perhotelan, lah wong saya kuliah di jurusan akuntansi.
Kerja disini tuh awal-awalnya ga serius. pada saat saya ngelamar kerja, saya masih kuliah semester akhir, baru lulus sidang skripsi, terus tunggu wisuda. Masa tenggang dari sidang ke wisuda itu lumayan lama, dari pada nganggur ya saya coba ngelamar ke hotel ini, yang pada saat itu baru selesai dibangun. rencananya cuma mau beberapa bulan kerja disini, cuma untuk ngisi waktu, taunya saya jatuh cinta sama tempat kerja ini.

Awal saya kerja disini sebagai GRO (guest relation officer) job desk nya tuh kaya apa ya, hemmm pokonya memperkenalkan/ showing mengenai hotel pada para tamu yang datang, selain itu handle tamu VIP ataupun tamu-tamu grup, memastikan pelayanan hotel terhadap tamu-tamu ini sudah running well.

Setelah keterima, adalah saat-saatnya training...seluruh karyawan dikasih pelatihan awal mengenai job desknya masing-masing dan  pengetahuan mengenai perhotelan...Disinilah saya bertemu teman-teman baru yang luar biasa baik...TEAM yang solid (mulai melow) aaah i miss u guys.

Ini dia FRONTLINER TEAM....dari kiri ada fadil, dinda, otong, dini, si ngepet, mba nia, mas doni, saya sendiri, dini, sama devi....hey kaliaaaaaaaaaaan :')

awal-awal masuk kita ga langsung kerja nih, soalnya hotelnya blom running, masih tahap finishing...jadi kita tiap hari cuma training, jumat olah raga, trus kadang ikut bersih-bersih hotel. atasan kita ada bu erni yang saya panggil mami erni, pa dida yang saya panggil ayah dida, dan pa temmy yang saya panggil daddy...

Nah setelah hotel beres kita trial opening seminggu dan langsung preopening...tiap jalanin jobdesknya masing-masing...GRO ini diawal-awal lumayan leklok uy hahahaha tiap ada tamu yang dateng, pengen showing, saya harus standby ngaterin mereka liat-liat hotel secara keseluruhan, mulai dari kamar sampai fasilitas-fasilitasnya, dan tamu yang dateng tiap harinya ga berhenti-berhenti, semacam olah raga buat betis lah hahaha...

kerja dihotel lumayan enak loh, gajian 2 kali sebulan walupun kalau soal besar kecilnya gaji relatif lah ya tiap orang, makan disediain, kalau dapet shift yang malem dianterin pulang.
diluar jam kerja, kita sering outing keluar nih, tim frontline ini dah kaya keluarga aja rasanya. pergi makan, karokean, nonton dll



oh iya ni ada foto juga pas lagi HUT RI, saya jadi pembawa benderanya hahaha
Alhamdulillah, iseng-iseng kerja disini tuh, sama kaya belajar tapi dibayar. Iya belajar, belajar disiplin, belajar bekerjasama dalam tim, belajar berkomunikasi dengan banyak orang, belajar bahasa inggris (karena banyak banget tamu asing yang dateng), belajar lebih percaya diri, dan ditempat ini pula kita bisa bertemu dan berteman dengan orang-orang penting di dari berbagai macam profesi dan berbagai macam negara. Terutama saat saya bekerja dibagian marketing.

setelah satu tahun bekerja difrontliner saya diangkat bekerja dibagian marketing, jadi sales executive, Alhamdulillah, gaji naik, tunjangan naik dan pengetahuan saya jadi lebiiiiih luas.
dibagian marketing ini saya banyak belajar mengenai berkomunikasi lebih baik, menangani event-event besar dan memperluas relasi dan pertemanan kita dengan bertemu atasan-atasan diberbagai perusahaan-perusahaan besar diindonesia atau bekerjasama dengan berbagai macam perusahaan advertising untuk mempromosikan hotel kita. Ruang lingkup dan relasinya luaaaas banget.
Di marketing ini enak banget loh, kita disediakan mobil dan supir setiap harinya untuk sales call, hampir tiap bulan pergi ke jakarta untuk sales call, disediakan tempat menginap (dihotel setara dengan hotel kita yang bintang 5) dikasih uang makan dll. Udah kerja sambil jalan-jalan, dibayar pula. sales call ini tuh jadi kita datangi atasan-atasan perusahaan untuk menawarkan hotel kita untuk rapat atau acara-acara lainnya, sebelum kita datengin, ya kita bikin janji dulu. kerja nya cape tapi FUN!

Dimarketing ini saya ketemu orang-orang hebat dan cerdas, pimpinan saya dulu bu netty, orangnya cantik, tegas, pinter banget dan terorganisir, bangga dan seneng banget saya bisa punya kesempatan belajar banyak sama beliau. i miss u mami netty....
ada juga mas yus, mba mia,  mba putri, mas arke, mas sonny,
 Ini pas taun baru nih hihihi
 hai mba mia, mami erni, om dave :*

I MISS U ALL SO MUCH, BEST TEAM, BEST EXPERIENCE, BEST MEMORIES, MY BEST JOB EVER

1 komentar:

  1. Halo mau tanya dong, kalau mau coba melamar pekerjaan disana sebagai guest relation officer gimana ya ?

    BalasHapus