Sabtu, 15 September 2012

Mainan Edukatif

Ibu-ibu bin emak-emak pasti paling kalap kalau liat baju-baju dan mainan anak. Nah awal-awal punya anak, saya sering banget beli mainan yang lucu-lucu tanpa tau fungsi dan tujuannya apa. Beli mainan anak-anak itu lumayan juga ya budgetnya, emaknya sendiri harus ngerem belanja sepatu dan baju demi mainan anak hahahha.

Nah setelah baca buku soal mainan anak, ternyata ada yang namanya mainan edukatif, yaitu mainan anak yang bertujuan ntuk menstimulasi perkembangan anak. sebelumnya saya beli mainan anak kaya laptop-laptopan, boneka-boneka, drum, meja belajar, piano kecil, standing mic, kolam renang kecil, sampe beli tenda gede buat main bola anak,dan mainan anak lainnya tanpa tau mainan ini berfungsi menstimulasi perkembangan anak sesuai umurnya atau engga, anak seneng sih tapi paling dimaeninnya seminggu doang, seterusnya dia bosen.
setelah baca buku ini saya beli mainan lebih milih-milih, "ini mainan tujuannya biar anak apa nih?!"
ini nih beberapa contoh mainan edukatif punya neisha yang dikumpulin dari usia dia 1 setengah taun samapai menjelang 2 tahun...
ini puzzle alfabet kecil
fungsinya pengenalan huruf
ini puzzle angka besar
fungsinya pengenalan huruf
ini namanya pasak geometri
fungsinya pengenalan bentuk, warna dan mencocokan
Puzzle angka tangan
fungsinya pengenalan angka, warna, mencocokan, konsep kanan kiri
Puzzle huruf 
fungsinya pengenalan huruf, mencocokan, pengenalan warna
puzzle angka arab

 Puzzle binatang
Puzzle huruf Arab
 Donat susun
fungsinya mengenal tinggi rendah, bentuk dan warna
puzzle body
fungsinya mengenal anggota tubuh
Tiang geometri
fungsinya anak dilatih berfikir untuk memasukan bentuk-bentuk geometri yg ada, melewati tiang-tiang yang berliku, buat kita ini gampang loh, buat anak kecil tantangan banget.
 ini maze prewriting
fungsinya untuk melatih anak mengikuti alur, belajar pola dan menemukan "finish" sesuai warna
puzzle pecah 4
 Wire game
fungsinya melatih daya ingat
Pasak Pukul
fungsinya untuk melatih ketepatan
 Puzzle pecah 9
 truk sortasi
fungsinya melatih ketepatan. masuk-masukin bentuk sesuai pola yang ada di badan truck.
 menjahit
ini mainan mirip menjahit, jadi anak disuruh masukin tali ke lubang-lubang yang ada dibadan sikucing. keliatannya gampang, tapi buat anak kecil susah, neisha ampe sering kesel sendiri. melatih kesabaran juga
meronce
melatih kesabaran dan ketepatan. jadi masukin si donat-donat itu kedalam tali.
 puzzle angka kaki
fungsinya untuk melatih konsep kanan kiri, berhitung, warna
fun doh
sebenernya ini bagusnya untuk 3 tahun ketas, tapiiii berhubung neisha dah seneng banget main masak-masakan dan anyang-anyangan sampe ngerusak taman karena ngorek-ngorek tanah dan daun yang dia jadiin bahan makanannya,jadi  dibeliin fundoh plus perlengakapnnya lengkap buat masak-masakan. sebenernya masih banyak nih alat-alatnya tapi pas mau difoto, anaknya ngambek ga boleh dipinjem ma ibunya karena lagi anteng main hihihi.

ada lagi maian edukatif kaya balok-balok susun, buku dan lain-lain, tapi ga mungkin difotoin satu-satu. Nah buku-buku edukatifnya neisha lebih banyak buku-buku cerita  yang penuh gambar-gambar.

diantara semuanya neisha paling seneng dengan segala macam jenis puzzle, terutama puzzle pecah, sekarang dah bisa nyusun puzzel pecah 9 dan 12 dalam waktu yang cepat.

saya ga pernah maksa anak untuk langsung bisa, saya juga ga paksa dia harus belajar apa, ikutin aja maunya apa, arahin aja, toh belajar kan proses untuk bisa, ya nikmati aja prosesnya. lagian diumurnya dia ga ada yang namanya belajar diem kaya disekolah-sekolah gitu, belajar buat dia tuh MAIN.

segitu aja deh buibu, mainan edukatif ini lebih banyak saya beli online, coba tanya aja sama om google. harganya sih relatif murah tapi lumayan lebih mahal dibanding mainan-mainan umumnya, karena dia kan dari kayu dan pake cat warna yang aman buat anak-anak tapi worth it.
 Lagi dagang ya neisha?hahaha "sayang anak!sayang anak! dibeli dibeli buibuuuu" hahaha

3 komentar:

  1. hana anak aku mah tara fokus ih kalo main gituan, baru 5 menit udah we dilempar2 ato engga udah we pergi.. gimana ya caranya biar doi mau fokus aku ajarin..

    BalasHapus
  2. bun tlg info utk smua mainannya beli dmn, tks^^ shanumnita@gmail.com

    BalasHapus
  3. Bu,, belinya dimana yaa,, q di email juga yaa.. Cpixshe@gmail.com
    Anakku main puzzle yg pecah 30 dari 2th dan bisa(saya jg heran), cuma skrg mewarnai karna dah bosan smuanya. Baca blog nya mbak jadi pgen yg balok2,, cuma mau beli online yg terpercaya,, terimakasih

    BalasHapus