Sabtu, 01 September 2012

Perjuangan Belum Berakhir (2010)

Kirain gw setelah proses hamil 9 bulan n melahirkan yg melelahkan perjuangan dah selesai...hahaha don't be naive Hana...itu baru awal ternyataaaaaah...

Pulang dr rumah sakit, dengan kondisi badan yg msh "sakit" n lemes gw dah dihadapkan dngn kewajiban seorang ibu,MENYUSUI!!!! Kirain gw menyusui tuh gampang, tinggal tempel, beres deh. Hadeeeeuh susah sungguuuuh, dr posisi laktasi,ampe cara pelekatan laktasinya pun harus bener...karena awal2nya salah alhasil berdarah, belah2 (ga perlu gw perjelaskan apanya?) Blum lg payudara bengkak karena asi yg diproduksi banyak bgt alhasil demam beberapa hari... Seminggu itu bener2 nguras emosi n tenaga deh.
Blom tiap malem begadang utk nyusuin.paginya mandiin neisha.alhamdulilah ada mamah yg bantuin masak n beres2 n papah yg nyuci popok yg seabrek2, n Ada suamiku tercinta yg siap bantuin disetiap prosesnya.

Setelah gw sering2 googling, pengetahuan gw bertambah, ternyata ga seribet itu ngurus bayi. Dr googling gw jd tenang karna tau cara menyusui yg benar, mandiin bayi, tentang pupnya baby, tentang segala Hal, walaupun ada mamah tp tetep aja mamah kan dah lama ga punya bayi, mandiin Aja si mamah takut hihi, alhasil memang gw sebagai ibu yg harus bisa!!

Btw sensasi yg luar biasa Saat menyusui bayi adalah saat gw liat matanya yg lg minum dgn lahap Dan gw menyadari dia berketergantungan pada gw.Gwlah yg memastikanya untuk tetap hidup Dan berkembang, Dan itu rasanya luar biasa.

Setelah beberapa minggu disini, mamah pulang, disinilah awal mula ketakutan gw dimulai, takut ga bisa ngurus anak, takut asinya ga keluar, panik karna ga Ada pembantu, trus cucian?masak?beres2 rumah?
Dr stress itu mulai gw jd sensitive,sering nangis tiba2, kadang nangis ma Billy tanpa sebab...setelah googling gw tau itu namanya babyblues yaitu kondisi kejiwaan dr ibu yg baru melahirkan, kondisi ini bs parah loh, mpe Ada ibu yg benci anaknya, Ada jg yg stress berat sampai Ada yg bunuh bayinya (amit2) untung gw sih msh level yg rendah bgt. Jalan keluarnya adalah komunikasi Dan alhamdulilahnya punya Suami yg mudah diajak komunikasi, Malah dia yg memulai mencari solusi atas kekhawatiran gw.
Hasilnya adalah tugas gw ngurus anak Dan masak, kerjaan lain Billy yg handle...wonderful hubby, disaat istrinya stress, sakit, cape karna baru ngelahirin, dia bukan saja mencari solusi tp menjadi solusinya itu sendiri...
Gw sering suruh billy utk pindah ke kamar yg satu lg biar tdr malemnya ngga keganggu karna besok dia kerja, tp dia ga mau, "gpp pengen nemenin bunda" katanya...
Btw bukannya Kita ga mau pke pembantu tp nyari pembantu di Kota ini susaaaaaah...

Just for sharing, banyaklah baca buku n googling klo lg hamil, salah satunya di  => http://mommiesdaily.com/2012/08/16/perjuangan-awal-menyusui/ .Gw nampak ribet karna ga tau harus gimana pada awalnya, setelah tau n dijalanin, bisa Dan mudah ko, ditambah gw adalah wanita yg paling beruntung karena bersuamikan seorang Billy :)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar