Sabtu, 08 September 2012

Rumah Pertama #1stHome

beberapa hari yang lalu saya sharing di twitterzone mengenai bagaimana proses saya membeli rumah pertama, selamat membaca:

  • Gara2 liat TL nya @rumahsukasuka soal beli rumah,jd pengen sharing soal beli rumah pertama #1stHome
  • Waktu awal nikah,ngga kepikiran jg bakalan langsng punya #1stHome ,apalagi rumah dikota orang,dirantau,tapi ya itu,rumah juga jodoh2an ternyata
  • Awal pindah ke pangkal pinang bangka, kita tuh ngontrak ditempat yg superduper ngga nyaman, sepi banget, bangunan rumah yang sempit plus halaman yang luaaaaaas banget, semacam uji nyali deh tinggal disini, kelebihannya ya cuma dilistrik doang yaitu jarang mati lampu (bangka sering mati lampu) #1stHome
  •  Nah waktu sebulan setelah kita dibangka,ada perumahan baru,perumahan elit,yg didalemnya punya fasilitas lengkap,plus LISTRIK 24 jam #1stHome
  •  Tu komp baru jd bahan omongan orang2,karna baru pertama dibangka ada konsep perumahan gitu,akhirnya kita liat2,tanpa niat beli #1sthome
  •  Boro2 kepikiran beli, duit dr manaaaah?ahahahha secara suami baru lulus percobaan kerja,baru 7 bulan kerja diperusahan dia skrng. #1stHome
  • Kita cuma muter2 komplek, liat rumah contoh dari luar. waktu itu lagi hujan tuh, ga ada salesnya diluar, tiba2 pas mobil kita mu ngelewatin pintu gerbang keluar...#1stHom
  • Salesnya keluar dr rmh contoh pake payung, sambil melambai2 (alah bahasa gw) #1stHome
  • Yang tdnya kita cuma lewat,eh kita berhenti trus liat rmh contoh dan langsung jatuh cinta pd pandangan pertama sama tu rumah #1stHome
  • Trus diliatin brosur plus harga n ketentuan bayar. Waktu awal liat harganya, jiper uy!haha,tapiii si sales ini kasih contoh perhitungan #1stHome
  • Nah ni dia celahnya, paling beratkan DP ya,gede. Nah ada be2rp developer perumahan yg bisa nyicil dp. Biasanya perumahan baru  #1sthome
  • Dr liat rumah itu kita pulang,dirumah kita uring2an dah terlanjur jatuh cinta bgt ma tu rmh. disinilah! kita sebagai pasangan suami istri berkompromi dan cari cara! #1stHome
  • 5 juta diawal untuk tanda jadi ngga berat lah yah,bisa bgt nabung, trus dilanjutin nyicil DP selama 1 thn...berat?#1stHome
  • lumayan berat, kita nekat dgn nyisihin setengah gaji bulanan bwt bayar cicilan DP setaun (dont try this at home) hahaha #1stHome
  • Tapi setengah gaji itu sesuai perhitungan karena masih ada penghasilan dr bonus2 lain, jd jgn nekat tanpa perhitungan ya. #1stHome
  • Tapi emang ga boong sih, dalam proses nyicil itu, kita teken Ego bgt, kemauan konsumtif ga jelas, ngedepanin prioritas. #1stHome
  • Disitu kita belajar ngirit, belajar manage keuangan,apalagi waktu itu gw hamil n mau ngelahirin,pasti biayanya gede bgt. #1stHome
  • Disini jg komunikasi suami istri kudu sejalan. yap,menyamakan impian,smoooth bgt jdnya. klo ngga sejalan repot #1stHome
  • Masa2 beratnya diawal2 doang ko,cicilan2 berikutnya ngga berasa,udah kaya nabung biasa aja, kaya ngga ada uang kebuang. Terbiasa! #1stHome
  • Nah setelah cicilan dp itu kita diksh pilihan, antara nerusin dgn KPR atau lunasin,ini tergantung masing2, #1stHome
  • bagusnya sih KPR karena tinggal lanjutin cicilan aja dgn jangwa waktu yg fleksible 5 sampai 15 taun bahkan dibank tertentu ada yang sampai 2 tahun #1stHome
  • Awalnya jg gw mikir ngga enak bgt ya punya "utang" ga tenang gitu idup...tapi itu klo utang konsumtif, ini utang produktif loh #1stHome
  • Klo nunggu punya cash utk beli rmh,mau kapan? rumah tiap taun naik,mungkin pas kita kekumpul uangnya itu rumah dah berkali2 lipat naeknya #1stHome
  • Dan bunga utang KPR itu lebih rendah dari persentase kenaikan rmh setiap tahunnya, jadi kita ga akan rugi karna bayar bunga KPR #1stHome
  • Nah, ini bagian miris tapi berakhir (+). setelah rumah kita selesai dibangun,kita malah dipindahin ke jambi, blom sempet merawanin tu rumah #1stHome
  • Awalnya BT, tapi yg tadinya ngga ada niat unutk invest di properti, disinilah pikiran kita kebuka lebar2... #1stHome
  • Awal niat kita kan itu rumah ditempatin, skrng kita pindah, itu rumah dikontrakin, dapet duit deh. beli rumah,dapet duit! #1stHome
  • Disini kita jd ngga mikir lg beli rumah melulu utk ditempatin, tapi kita beli lg rmh bwt dikontrakin... #1stHome
  •  Dari pasif income ini jg kita jd mikiiiir lbh jauh, yaitu kost2an #1stHome
  •  Yap beli kost2an tanpa uang ,jd cicilan kebanknya kita bayar dr orang2 yg ngekost dikostan kita...nah ini blom berani share #1stHome
  • Soal kost2an ini,ilmunya msh cetek bgt...dan panjang bgt jentrenginnya #1stHome 
 
  • kebanyakan pasangan baru tuh dah jiper duluan buat liat2 rumah karna ngerasa belum mampu utk beli rumah baru padahal #1stHome
  • Apa salahnya liat2, toh ngga bayar kan liat2? justru dgn kita liat2 rmh,atleast kita dah ada bayangan tentang rmh n uang yg dibutuhin. #1stHome
  • Dan dgn kita liat2 rumah, kita dalam proses merealisasikan impian punya rmh sendiri, rasanya deg2an loh, huaaaaa jd flash back #1stHome
  • Dgn kita liat2 rumah,otaknya pasti "dipaksa" bwt mikir,gimana bs dptin tu rmh. #1stHome
  • Jadi jgn jiper dulu liat rumah yg beratus2 jt itu, atau yg miliar2an...liat aja rmhnya dulu, pasti ada cara ko! yap,sesuai kemampuan. #1stHome
  • Gini deh, gw aja yg dah berumah tangga plus 1 anak bisa, apa lagi yg single n berpenghasilan, blom ada beban apa2,pasti mampu,bgt! #1stHome
  • Satu lg, teken keEGOan utk konsumtif. bukan nyuruh ngirit sih, tp pending dulu seneng2nya bentaran...nikmati hasilnya belakangan #1stHome
  • Oh iya,klo perumahannya ngga ada nyediain cicil DP, ya berarti nabung DP aja, atau gadai emas yg dipunya bwt DP #1stHome
  • gadai emas,berarti harus punya tabungan emas, nabung emas ngga mahal, bs nyicil ke pegadaian.cicilannya ringan #1sthome
  •  Banyak jalan menuju roma *tsaah ga ada DP, ya nabung/gadai emas/ minjem ortu,dll..klo KPR ditolak bank 1, ajuin lagi ke bank yang lain.\
  •  Biar kata kerja nomaden kotanya,ketenangan punya rumah sendiri beda bgt rasanya... #1stHome
  •  Ada yang 10 thn pindah2 kota kerjanya,ngontrak n nganggap ga penting punya rmh karna pindah2. pas giliran masa tua balik lg kebdg,duit dah abis bwt konsumtif, ga ada rmh,akhirnya ngontrak (lagi) #1stHome
  • Malah pernah ketemu manager bank klo ga salah pas ngurus akad kredit dijambi...dia jg pindah2 kerja,dah punya anak 3,gaji gede,tp pnya rumah sendiri bkn jd prioritas #1stHome
 
  • Nah ngomong2 soal showing rumah, saya ma suami pernah tuh liat2 rumah diperumahan dibandung yg terkenal bgt mahalnya, perumahan elit lah #1stHome
  • Pas liat harganya 2M keatas, miliar boo. ko berani liat2? ya knp engga toh liat ngga bayar hahahah #1stHome
  • Liat brosur plus itungannya,trus kata salesnya,"ini bs KPR,bs jg cash,yg cash udah ada 10 orang mba" #1stHome
  • Wiiih, 2M lebih n cash? gileee ni orang kerjanya apa ya? ngepet apa yak?hihihihi *sirik...#1stHome
  • Pulang dr komplek itu,dijln senyum2 sendiri. kan beli rmh sesuai kemampuan ya?kita lom mampu yang miliar-miliaran utk skrng,insyaallah suatu saat kesampaian...AAAMIIIN #1stHome
  • Yap baru mampu yg ratusan yg em em an rada msh ngos2an ngejarnya, hihihi tapi tetep punya impian, impian yg selaras sama suami, nnikmat #1stHome
  • oh iya untuk apapun jenis investasinya pasti ada cost yang harus dikeluarin, sama aja kaya kontrakan atau kost-kostan pasti ada biaya-biaya yang harus kita keluarin untuk perawatan. Biaya itu diambil dari sebagian kecil hasil uang sewanya. #1sthome
  • Jalanin aja dulu, liat2 rmh aja dulu, pasti otaknya menerawang kemana2, pasti tiap celah dijabanin,asal halal #1stHome
  • Masa indah nya tuh justru bkn pas dpt rumahnya,tapi prosesnya.kita bs bermimpi, nyamain impian bareng pasangan,kompromi,  asli INDAH #1stHome
  • Segitu aja deh sharenya,hihiihi punten baceo di TL ya hihiih...semoga temen2 semua cepet teralisasikan #1stHome dan home2 berikutnya,aamiiin

3 komentar:

  1. Hana apa kabar?..msh inget temen dr wirayudha no 1 Bandung..hehehe..postingannya bagus banget bener2 inspiring..hehe..tp sy ada sedikit masalah mungkn hana bs bantu..sm spt hana sy tertarik beli rmh idaman akhirnya saya putuskan beli rmh itu..waktu itu uangnya kurang sekitar 97 juta..akhirnya saya putuskan pinjam dari teman si A 50jt, dan dari si B 50jt, berarti pinjaman sya kan 100jt..sy bayarkan rumah tersebut sebesar 97jt, berarti sisa uang sykan 3jt?..kemudian yang 1jt sy bayarkan ke si A dan 1jt sy bayarkan ke si B dan sy pegang 1jt lg..setelah sy hitung sisa hutang sy ke si A kan 49jt dan ke si B 49 jt berarti jumlahnya 98 jt?? ditambah yang sy pegang 1jt berarti totalnya kan 99jt??Nah sedangkan td kan pinjamannya ada 100jt??yg 1jt lg kemana ya....??bisa bantu dipikirkan????hehehehe ;p

    BalasHapus
  2. hahahahha....mas rikiiiiiii...alhamdulillah damang mas riki, nuhun dah mampir ke blog hihihi...hadeeeeuh iyeu mah nya, nyiun pagawean wae, disuruh jawab teka teki bin tebak-tebakan geura hahaha..

    BalasHapus
  3. inspiring sekalii.. saya juga lagi cari-cari rumah nih, meskipun masih nyaman tinggal di rumah ortu, hehe..

    BalasHapus