Jumat, 14 September 2012

*sing* ingat-ingat pesan mamah

Mamah sang pemberi inspirasi...
ini adalah beberapa nasihat-nasihat mamah dimasa hidupnya.

Pasangan hidup
mamah banyak memberikan nasihat pada saya termasuk mengenai pasangan hidup. ya hana si anak yang sering ngelawan dan ga dengerin nasihat orang tua ini akhirnya menyadari, segala ucapan dan nasihat mamah adalah benar adanya. beliau bilang:
  • Ngga usah lah cari cowo yang ganteng, cari yang imannya ganteng. fisik bisa berubah jadi kisut saat tua, tapi iman islamnya akan membuat kita jatuh cinta berkali-kali dengan orang yang sama sampai ajal menjemput.
  • ga usah lah cari cowo yang kaya, toh itu uang orang tuanya, pamer bawa mobil orang tuanya, cari calon suami yang punya impian untuk membahagiakan kamu dunia akhirat. Dia mau berusaha apapun caranya untuk membahagiakan istri dan anak-anakinya. berdiri!mandiri dikakinya sendiri.
  • ga usahlah percaya sama cowo yang banyak janji, liat lah perbuatanya. cinta bukan dari apa yang diucap tapi perbuatan yang menunjukan besar rasa cintanya. cowo yang banyak janji itu cowo yang lebih banyak bohongnya.
  • ga usah lah seneng dengan keromantisan yang diumbar laki-laki dikhalayak umum, itu lebih banyak kamuflasenya. lebih gentle lebih romantis laki-laki yang tidak pandai mengumbar kemesraan dimuka umum, tapi membuat kita nyaman diruang "privat" kita. cukuplah keromantisan itu memang dia berikan ikhlas untuk kita, bukan karena ingin mendapatkan pujian orang banyak.
  • mamah ga butuh laki-laki yang bawa mahar luar biasa mahal buat nikahin kamu, mamah cuma mau tanya dan minta calon kamu, mau ga berjanji menangung kebahagiaan lahir batin anak mamah dunia akhirat, itu lebih mahal harganya.
  • mamah ga usah lah calon suami kamu udah punya mobil atau udah punya rumah pribadi, kalaupun sudah punya ya alhamdulillah...mamah cuma minta anak mamah dikasih nafkah lahir batin yang halal.
  • jangan pernah paksa laki-laki untuk menikah. jangan "meminta" duluan untuk dinikahi. tunggu kesadaraannya sendiri untuk siap menikah, karena secara sadar dia ingin menikah maka ia memang sudah siap bertanggung jawab. kalau sudah lama belum berani melamar, tinggalin, berarti dia ga serius, setidaknya dia memang tidak mau berusaha lebih bertanggung jawab untuk menikahi kamu. 
  • liatlah cara laki-laki meperlakukan ibunya, maka begitulah cara dia memperlakukan istrinya. bukan anak mamih ya na, yang susah untuk mandiri dan apa-apa tergantung apa kata ibunya, tapi laki-laki yang hormat pada ibunya.
Pernikahan
  • Mamah setuju dengan istilah suami adalah pemimpin dalam keluarga, tapi mamah kurang setuju dengan adanya tinggi rendah derajat suami dan istri. suami dan istri itu harus "saling"...saling menghargai, saling mencintai, saling mengasihi. bukan siapa lebih berkuasa, siapa yang dikuasai.
  • hana harus nurut sama suami, ijin apapun sama suami. hana sekarang tanggung jawab billy, karena secara islam,mamah papa udah nyerahin hana ke billy waktu ijab kabul. lebih harus nurut apa kata billy dibanding mamah papa.
  • billy sama hana memang sekarang punya dunia berdua, namanya pernikahan, tapi bukan berarti hana n billy ga punya dunia masing-masing. hana ataupun billy harus memberikan kebebasan masing-masing untuk menjalankan hobi, pertemanan atau apapun, asal sudah dapet ijin dari pasangan.
  • jangan pernah berhenti bilang "iloveu" jangan pernah berhenti saling sayang
  • jangan pernah buka aib masing-masing pasangan ataupun masalah pernikahan ke orang lain terutama pihak luar. aib pasangan adalah aib kamu sendiri, dan ga ada satupun orang yang bisa dipercaya sekalipun itu teman baik. kalau ada masalah bicarakan berdua, kalaupun butuh masukan, bicara sama orang tua dan mertua. karena cuma suami dan orang tua lah rahasia itu akan terjamin.
  • jangan pernah permasalahan dibawa sampai tidur. selesaikan masalah hari itu juga sebelum naik ke kasur, lebih bagus akhiri di atas kasur (hahahah)
  • petualangan kehidupan, kesenangan bukan berarti berakhir disaat kita menikah, apalagi punya anak. buat petualangan-petualangan baru bersama, pengalaman-pengalaman baru berdua.
  • jangan pernah berbohong tentang apapun, apapun sama suami. terbuka mengenai apapun.
  • jangan pernah main bareng temen cowo berdua tanpa ada billy. Selain kurang enak diliat, menghindari fitnah. begitu juga sebaliknya.
  • jangan pernah terima tamu laki-laki dirumah kalau suami ga ada dirumah.
  • kalau salah satu lg marah, yang satu diam dan mendengarkan.
  • berdiskusi, berkompromi, baru ambil keputusan bersama-sama
  • menikah itu bicara, komunikasi, berdiskusi, kalau salah satu udah ga bisa diajak berkomunikasi, Susah!
  • menikah itu pintar mengambil peran, saat salah satu menjadi pembicara yang satunya menjadi pendengar, saat salah satunya berperan sebagai antagonis yang satunya protagonis.
  • jadi istri itu harus pintar, jadi ibu apa lagi. jangan pernah berhenti belajar. 
  • istri adalah motivator paling didengar seorang suami. jadilah istri yang selalu memberikan motivasi kepada suami.
  • jaga perkataan, jaga sikap, jaga penampilan sebagai bentuk menghargai suami.
  • jangan selalu merasa benar, ijinkan pasangan untuk mengutarakan "benar" versi dirinya sendiri, lalu cari jalan keluarnya.
  • kesetiaan, mahal, mahal sekali...janji yang kalian lakukan pada saat ijab kabul bukan janji pada manusia, tapi melibatkan Allah. kesetiaan, janji pasangan pada Allah.
  • suami yang mencari nafkah halal dijalan Allah dengan tujuan untuk memberi nafkah keluarganya sama dengan sedang berjuang dijalan Allah.
  • mamah tenang sekarang...diantara anak-anak mamah, dulu mamah paling khawatir sama hana...mamah berdoa "ya Allah kasih jodoh baik, bageur,sholeh yang bisa bimbing hana" eh sekarang udah ada Billy, mamah meuni tenaaaaaang, tuntas kayanya tugas mamah didunia, udah tenang kalau mamah meninggal teh. (Ya Allah ini kata-kata mamah 7bulanan sebelum meninggal :') )
  • kamu hidup sama mamah sekarang 23 tahun, kamu menikah sama billy umur 23 tahun.taro lah kehidupan paling panjang manusia didunia itu 85 Tahun, jadi kamu bakalan hidup sama billy selama 62 tahun. lebih lama dari hidup kamu bareng mamah yang cuma 23 tahun. hidup sama mamah aja sering cekcok, sering beda pendapat, tapi "kita" selalu bareng, ga ada kepikiran ganti ibu atau anak kan? nah perjalanan hana dengan billy kedepannya lebih panjang, percekcokan dan perbedaan pasti ada. bismillah, bina sebaik-baiknya tetap bersama, setia,tak tergoyahkan seperti keluarga "kita" tetap utuh (aaamiiin)
Parenting

  • perjalanan pernikahan mereka tidak selalu mulus, pasti ada kesalahpahaman dan pertengkaran yang terjadi tapi sekalipun seumur hidup, saya tidak pernah melihat mereka bertengkar dihadapan anak-anaknya. Mereka tidak pernah melibatkan anak-anaknya dalam suatu permasalahan pernikahan. yang saya lihat hanya perdebatan-perdebatan kecil mengenai hal-hal sepele seperti pemilihan menu makanan, baju, atau hal-hal kecil lainnya. Yap, jangan bertengkar didepan anak-anak, karena ini bukanlah wilayah jangkauan mereka.
  • anak-anak ga perlu tau susahnya orang tua, yang mereka perlu lakukan adalah belajar yang bener
  • kata-kata ibu adalah doa. mamah mengajarkan untuk berhati-hati dalam berkata-kata pada anak, semenyebalkan apapun anak itu,. seumur  hidup saya, tidak pernah saya mendengar mamah bilang "hana, bodo kamu, nakal, kurang ajar,durhaka, miskin kamu,ga selamat kamu" padahal kurang bandel apa gw dulu. mamah cuma bilang "astagfirullah naaaaa, cing sholeh bageur, jangan pulang malem-malem ya mamah khawatir" mamah sering marah, marah besar malah, tapi ga ada kata-kata sumpah serapah yang keluar. iya jadi ibu tuh harus super sabar memang, apalagi soal mengeluarkan kata-kata yang sering menjadi doa. tahan deh kalau marah, mana ada ibu yang mau anaknya sengsara. walaupun kata ustad hanya doa ibu yang sholehlah yg di kabulkan Allah. 
  • Dampingi, arahkan, tapi kita sebagai orang tua bukan pengambil keputusan
  • jangan banding-bandingkan anak kita dengan anak orang lain, karena setiap anak dilahirkan unik.
  • jadi ibu itu kontrak seumur hidup. ga ada cuti, ga ada libur.
  • Jadi orang tua itu bukan beban, tapi tanggungjawab 
  • jadi orang tua itu, harus trus belajar dari hari ke hari seumur hidup. jangan berhenti belajar. jangan kaya mamah, mamah kalau bisa milih ga mau berkarir, mamah kehilangan waktu bareng anak, ga bisa liat perkembangan anak-anak, sedih pisan rasanya, tapi insyaallah mamah berkarir juga untuk cari uang untuk melihat kalian berkembangan (Ya Allah, mewek deh nih nulis ini)
  • mamah pergi pagi pulang malem, bukan berarti mamah ngejar karir, bukan berarti ga mau ngurus kalian. memori paling menyakitkan itu adalah waktu mamah mau kerja terus kalian nangis karena ga mau mamah pergi kerja. haaaah, mudah-mudahan dimasa dewasa kalian sekarang, kalian ngerti, bukan mamah acuh atas tangisan kalian, mamah perjalanan ke kantor pun nangis. sakit, sakit bgt hati mamah...mamah tembus rasa bersalah mamah sekarang sama cucu, tapi mungkin ga cukup (mamaaaaaaaaaaaaah :'(
  • kasih ASI sama anak, itu adalah hal terbaik yang bisa ibu lakuin di awal kehidupan anak-anak kalian. mamah ngasih asi sama teteh cuma 3 bulan karena mamah belum ngerti arti pentingnya ASI, sama aa 1 tahun, sama hana 3 tahun.
kehidupan
  • bersyukuuuuuur, bersyukuuuuur, selalu bersyukuuuuur
  • cara berdoa setelah sholat, berterimakasih atas nikmat Allah, meminta ampunan atas kekhilafan, baru meminta apa yang diinginkan. jangan langsung minta dong, ga sopan!
  • jangan digelapkan oleh materi,
  • kaya?harus...agar bisa berbuat banyak untuk orang lain yang tidak mampu., tapi kaya bukan tujuan akhir, menjadi kaya dan sukses adalah proses.
  • mamah selalu cerita begini soal orang sukses, "han, itu temen mamah kayaaa banget, rumahnya banyak, tau ga kenapa bisa gitu? dia sholat ini itu, bla bla bla padahal dulunya miskin, jadi kita harus blablabla" beliau tidak berbicara dengan cara ini "han , liat deh tuh temen mamah, kaya, mobilnya banyak, usahanya dimana-mana, keren" dapet intinya yang saya ingin sampaikan?iya mamah bercerita bukan hasil akhirnya bahwa temennya kaya, tapi beliau menceritakan proses, gimana k bisa temennya itu kaya dan sukses. jadi bukan kayanya yang beliau coba sampaikan tapi betapa semua orang bisa berproses menuju kesuksesan tersebut
  • mamah selalu menutip ayat Al-Quran yang intinya. "nikmat Allah mana yang engkau dustakan?" "apa yang kita kejar sebenarnya" kata beliau...kita ini suka kurang bersyukur, terlalu sombong untuk berterima kasih sama Allah. terlalu sombong untuk tidak meminta doa pada Allah. bersyukurlaaaaaaah, karena bersyukur itu adalah salah satu nikmat Allah.
  • jika kita pernah salah, jangan cari pembenaran, akui saja "iya, saya salah" dan maafkanlah diri kita sendiri, memaafkan diri sendiri itu sulit. Berhentilah mencari pembenaran atas kesalahan di masa lalu, capek! akui saja lalu perbaiki.
  • beliau menasehati mengenai penerimaan dan bangga pada diri sendiri, gini katanya: saat hana menikah dan punya anak, hana mengalahkan "keegoan" hana untuk berhenti berkarir untuk terus mendampingi billy. mamah ngerti hana seperti kehilangan jati diri dan merasa tidak berguna, karena hana tipe wanita karir. saat seseorang dihadapkan pada pengalaman baru, dia seperti anak remaja yang sedang mencari jati diri lagi. Dibanding stress dan merasa tidak berguna, coba Lepaskan saja...akui saja bahwa inilah keadaan saya sekarang, saya seorang ibu, saya seorang istri yang berbahagia, bersyukur saja, banyak yang tidak seberuntung kamu. Bersyukur, itu saja!
  • alih-alih takut dengan apa yang belum terjadi, memikirkan yang kita belum miliki, lebih baik bersyukur atas apa yang sudah ada sekarang dan berusaha lebih baik lagi.
  • liat keatas untuk belajar dan menumbuhkan optimis pada diri lalu lihatlah kebawah dan bersyukur. jangan lihat keatas untuk sirik dan merasa diri tidak mampu lalu melihat kebawah untuk menghina dan merasa hebat.
  • tau ngga na...orang yang mengeluh itu sia-sia...saat kita mengeluh, orang lain terlihat empati padahal bahagia dan mungkin menyebarkan aib kamu kepada yang lain. saat kamu bahagia, orang lain terlihat ikut senang padahal dia dengki dan berharap kebahagiaanmu ga bertahan lama...orang yang paling tulus memberikan pujian, dan memberikan saran hanya orang tua mu dan suamimu. makannya kalau ada teman yang berani mengkeritik mu dengan jujur, hargai... itulah teman yang ingin kamu maju.
itulah salah satu nilai-nilai yang saya liat dari mamah. mamah sebagai ibu bukan berarti tidak pernah berbuat salah, tapi beliau tidak pernh salah mengajar dan bimbing saya. kalaupun saya bandel n bengal dulu, itu terlepas dari cara beliau mendidik saya, saya bengal dan nakal karena jalan yang saya ambil dan lingkungan yang saya anggap nyaman saat itu. iya iya! gw ini telat tobat, tapi masih untung dikasih waktu dan kesempatan untuk tobat. Baru belakangan ini nasihat-nasihat mujarab yang dulu saya anggap ocehan dan omelan ngga penting dari mamah itu sungguh berarti untuk kehidupan saya sekarang.

 
Hai mah,love your smile :* we miss u here :')

3 komentar:


  1. Teh hana, keren sekali artikelnya, sampai berkaca-kaca saya bacanya. Bisa bayangin betapa kerennya sosok mamahnya teh Hana. Semoga segala amal ibadah beliau diterima disisiNya ya teh. Dan semoga saya bisa seperti beliau. Amin

    BalasHapus

  2. Teh hana, keren sekali artikelnya, sampai berkaca-kaca saya bacanya. Bisa bayangin betapa kerennya sosok mamahnya teh Hana. Semoga segala amal ibadah beliau diterima disisiNya ya teh. Dan semoga saya bisa seperti beliau. Amin

    BalasHapus