Jumat, 23 November 2012

Neisha bereksperimen

Lumayan lama ga ngoceh lewat blog...
lumayan sibuk akhir-akhir ini (sibuk makan) hehehe

cerita apa ya...
kita cerita soal neisha aja deh, yang minggu kemaren lagi sangat "kreatif"

2 minggu kemarin, bunda sama ayah jalan-jalan bentar nih tanpa neisha, sekitar 5 harian.
neisha dititipin dirumah sama bibi, papa (kakeknya), 2 sepupunya aa thoriq dan teteh aulia.
selama 5 hari ini lancar car car deh, neisha ga rewel, sholehah, makan dan tidur "mulus" (walau emak yang ninggalinya was-was) gimana caranya? ntar dibahas diposingan yang berikutrnya deh ya...

yang mau saya ceritain sekarang adalaaaaaah, kekreatifan neisha...
bunda sama ayah pulang nih tengah malem, nyampe rumah, neisha udah tidur nyenyak dikamar papa.
paginya baru ketemu, neisha bangunin saya sama ayahnya, peluk-pelukan, kangen-kangenan...
tapi ko suaranya neisha aneh ya? bindeng, kaya yang pilek...

Nah si papa cerita deh
tadi malem sebelum tidur neisha lagi maen sendiri di ruang tamu, bibi lagi sholat, dua sepupunya udah pada tidur, tiba-tiba neisha lari kekamar papa sambil nangis...
ditanya sama papa "neisha kenapa?" katanya, neisha cuma bisa nangis, sambil nunjuk-nunjuk idung sambil bilang "awww awww papa" katanya
nangisnya cuma bentar, trus dia tidur...
nah sambil tidur, si papa priksa lubang idungnya, dan ternyataaaaah ada benda kecil, mengkilap, warna ijo nyelip di lubang idung paling dalem, alamaaaaaak...
ga lama, tengah malemnya saya sama suami dateng dari liburan, papa belum bilang sama kita, karena papa pikir, takutnya saya sama suami kecapean dan panik, jadi papa mau ngasih taunya pagi ini aja...

dah papa cerita gitu, saya langsung priksa lubang idungnya neisha, saya suruh neisha tiduran, trus lubang idungnya dipriksa pake bantuan penerangan senter, dan ternyata bener doooong...ada benda entah apa itu, mengkilap, warna ijo, ada diujung paling dalem lubang idung sebelah kanan...

saya panik? deg-degan iya, tapi alhamdulillah panik engga, karena dari beberapa pengalaman,panik tuh justru memperburuk keadaan, jadi apapun masalahnya slooooooooow ;)

ada beberapa solusi ala emak-emak, tunggu dia bersin atau dicabut pake alat kaya pinset kecil runcing gitu..
sebelum penanganan, saya coba cari tau benda asing apa tuh yang dimasukin neisha ke idung, saya cek deh TKP *detektifWannaBe nyihihihi...eh nemu deh benda yang ijonya mirip...BALON...pecahan balon tepatnya...bibi bilang kemaren malem emang sempet main balon trus balonnya pecah...naaah ini mungkin (walau ga yakin).
saya tanya sama neisha, "neisha, ini dimasukin kehidung ya?" sambil nunjukin pecahan balon, dia jawab "iya, duarrrr, niiiii awww" sambil nunjuk-nunjuk idung
oh iya, saat itu neisha ga ada rewel-rewelnya, ga ada keliatan sakit, lincah seperti biasa, ga ada ngeluh apa-apa, ya cuma bindeng aja kalo ngomong.


nah ga lama neisha bersin, tapi tu benda ga keluar juga
tadinya saya mau pake cara kedua, yaitu tarik benda asingnya pake alat semacam pinset kecil gitu, tapiiiiiii dibanding malah bahaya dan bendanya makin masuk kedalem, saya sama suami langsung bawa neisha ke dokter THT di Hermina Pasteur.

diperjalanan mikir nih, hemmm ko neisha bisa "kreatif" gitu sih? turunan? hahah
soalnya emaknya juga dulu gitu...dulu saya pernah masukin batu buat hiasan akuarium ke dalem telinga, ketauan pas orang tua saya curiga, gara-gara saya dipanggil mulu tapi ga nyaut-nyautt, jadi harus keras-keras dipanggilnya. dipriksa kedokter trus telinganya di "sedot" ternyata diketemukan 3 batu hias, 1 anting kecil dan 1 cincin kecil buwahahahahaha...gebeleg, ko bisa masuk situ ya?gimana coba caranya?apa kah saya punya keahlian lain sebagai pesulap *TatapMataSaya*

Nyampe lah kita di rumah sakit....
tapiiii dokter THT nya tiba-tiba harus ada operasi jadi ga bisa trima pasien dulu, doh...kita sempet mikir dan tlp rumah sakit lain, tapi semuanya ga ada dokter THT praktek jam segitu, adanya sore, tapi kita ga mau nunggu lama lagi..
akhirnya kita pikir, "ya udah lah, dokter umum dulu, at least dipriksa dulu"
dipriksa lah neisha sama dokter cantik...

btw sebelum dokter dateng, bahkan diperjalanan, saya ngajak ngobrol neisha..
"neisha, kita mau ke dokter nih, mau liat hidung neisha...neisha sholeh ya, jangan nangis, nurut ya" saya ngomong sambil nyoba praktekin apa yang bakalan dokter lakuin ke neisha, atleast biar dia ga takut ketemu dokter dan ngerti bahwa dia bakalan dipriksa idungnya. trus neisha jawab "iya, ini aww bun" sambil nujuk idung dan ngangguk-ngangguk.
kenapa saya ajak ngobrol?emang ngerti?walau bicaranya ga selancar orang dewasa, dan banyak kosakata ala neisha yang kadang saya ga ngerti, saya yakin ko, dia tuh ngerti apa yang kita omongin, dan mungkin dia juga pengen ngomong apa yang dia rasain tapi ga tau kata apa yang harus dia ucapin dan gimana caranya. jangankan anak umur 2 taun kaya neisha, anak bayi aja saya yakin ko kalau diajak ngomomg dia ngeh apa yang kita omongin.

singkat cerita, si dokter masuk keruangan, "sini kaka2, kita priksa hidungnya yaaaa" sambil bawa lampu sorot mirip lampu belajar besar plus alat mirip gunting panjang gitu...trus neisha jawab "iya"
kirain saya, neisha bakalan berontak atau apa gitu, eh dia nurut loh, anteng, diem aja *ProudMama* berarti dia ngerti yang saya omongin tadi...

dokter buka lubang idung neisha, dan ditariklah beda asing itu...
tadaaaaaaaaaaa.....
huanjiiiir...tebakan saya emang bener, pecahan balon, tapi kirain kecil...ternyata gede banget permirsaaah, lubang idung segede menel gitu bisa masukin benda selebar itu, elastis bener deh *terkesima* ...si dokter ampe kaget...trus bilang "ni bunda, mau difoto dulu ga barang buktinya?" hahahah...difoto deh sama ayahnya, sambil neishanya pamer ketek, untung tu ketek belom berbulu, mihihihihi....

ini lah pesan moralnya (halah):
  1. tetep dampingin anak, lagi apapun, main, atau makan, atau apapun...justru kudu curiga, kalau anak yang biasanya ga bisa diem, tiba-tiba mojok sendiri dan hening, pasti lagi "bereksperimen"
  2. saya emang ga membiasakan neisha nonton TV, tapi who knows, pas lagi ga dalam pengawasan kita, ni anak nonton acara-acara sulap yang memperlihatkan trik-trik ajaib, trus si anak yang masih polos, penasaran, dan nyoba hal yang sama...ga usah acara sulap deh, kartun kaya t*m and j*rry juga aneh sih menurut saya...pukul-pukulan,gergaji-gergajian,haiisssh film kartun yang aneh...ngeri...
  3. kalau anak balita ini dah terlanjur masukin benda asing ke badannya, jangan panik! makin panik makin ga bisa mikir jernih...jadi tarik nafas, dan cari solusi...
  4. kalau masih bisa ditanganin sendiri sih bagus, kalau kasusnya masih bisa ditanganin tanpa dokter loh ya...jangan malah emaknya juga ikut-ikutan "bereksperimen" salah-salah malah ngebahayain anak. ga usah pikir panjang, buru-buru deh ke dokter.
  5. jangan nunggu beberapa hari itu benda asing ada dibadan anak, berharap bisa keluar sendiri (enya da korong, kaluar sorangan) jadi sebisa mungkin, hari itu juga, jam itu juga capcus ke dokter...
  6. ajak ngobrol anaknya, kira-kira apa yang dia rasain, benda apa yang dia masukin. (kasus anak yang dah bisa ngomong lancar sih lebih gampang, biasanya 3 taunan dah bisa ngomong dengan kalimat lengkap dan jelas)
  7. ini yang paling penting, anaknya JANGAN DIMARAHIN...justru dikasih tau kalau itu salah dan jangan diulangi lagi. keren loh anaknya kreatif mihihihi...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar