Kamis, 26 Desember 2013

Operasi gigi geraham bungsu

Halo teman2 yg mungkin sekarang lagi liburan dan makan2an enak *sirik*

Udah 4 hari nih si hana makan yang lembek2 dan ga enak...terbayang2 nasi padang dan  kambing bakar kairo ngedadahin huhuhu :(

Semua gara2 operasi gigi geraham bungsu.
Gigi geraham bungsu tuh, gigi geraham yang tumbuhnya paling telat, sekitar umur 19-25 tahunan. Nah biasanya tumbuhnya si gigi bungsu ini suka abnormal, katanya sih gara2 udah ga ada "lahan" buat tempat tumbuhnya, karna udah penuh sama gigi kita sebelumnya. Lebih jelas soal gigi geraham bungsu ini monggo tanya mba google ya :)


Sebelum nikah,tepatnya pas masih kerja di bandung, gigi geraham gw yg sebelah kanan bawah tumbuh, sakiiiit bgt, ampe bikin sakit kepala, ternyata tumbuhnya melintang, dicabut deh. Entah karna akar gigi gw yg kuat atau emang dokternya ga baleg, gigi yg dicabut patah, masih ada sisa akar yg ga kecabut, ya elaaaaah Pe'er bgt deh...kata dokternya "nanti  kita cabut lg ya" 


Tahun2 berlalu (duileh bahasa gw) si akar gigi ini ga dicabut2, muales bgt ke dokter gigi, sampe akhirnya punya anak 1, tiba2 sakit lg giginya tapi sekarang yg sakit kiri bawah, ternyata eh ternyata gigi geraham bungsu yg lain lg yg tumbuh, yg terakhir...hadeuh,jail bgt ni gigi.

Niatny sih si gigi geraham bungsu kiri bawah, sama sisa akar gigi di kanan bawah ini mau didiemin aja, soalnya (perasaan gw sih) ga ganggu.
Sampe akhirnya seorang temen cerita klo dia abis operasi gigi geraham juga gara2 kata dokter bahaya, salah satunya bisa bikin migren, kista gigi, dan penyakit2 lain yg ogah gw jabarin disini (ngeri)

Dengan gagah berani :p si hana dateng deh ke dokter gigi cewe di hermina bawa hasil rotgen,blablabla disimpulkan bahwa si gigi geraham bungsu gw, walaupun gw ga ngerasa kegangggu tp ternyata letaknya sangat abnormal, melintang. Makin cepet di operasi makin bagus. 
Btw memang sih,gw sering bgt ngerasain migren di sebelah kiri kepala. 
Oh iya gw dirujuk ke dokter gigi ahli bedah di hermina, namanya dr. Agus...

Nah hari selasa kemaren, dateng lah si hana ke dr. Agus...konsultasi segala macem, ngejelasin bahwa gw masih menyusui jg dan ternyata disimpulkan hari itu jg gw bisa operasi.

Si hana yg penakut ini akhirnya menaklukan rasa takutnya sendiri (keprok) karna emang gw asli penakut, denger kata operasi, mau operasi kecil kek, mau operasi besar kek tetep ajaaaa sieuuuuun, udah jiper duluan.

Akhirnya dibuka lebar2 lah mulut si hana yg sudah cukup lebar ini hahahah...
Suntak suntik, bias bius (dan ternyata ga sakit) lama2 mulut rasanya kebal dan berat. Nah udah mulut kebal, akhirnya dr. Agus langsung eksekusi, berterbanganlah alat2 medis macam bor gigi, piso, suntikan gede yg entah bwt apa, yg pasti ga sakiiiit cuma deg2an  liatnya...mpe keringet dingin...bo ya yg lucu gitu, warna warni napa sih alat oprasi tuh *BanyakRequest*
Tadaaa, udah beres, akhirnya dijait deh.
Selesai gigi yg kiri, sekarang giliran sisa akar di kanan bawah yg harus dicabut, otak atik otak atik,teken dikit..."yak, beres" kata dokternya...hah? Beres? Cepet amat.
Ternyata cepet (cuma sejam)  dan ga sakit.
Ternyata ga semengerikan yg gw kira, karna gw sempet browsing cerita2 operasi orang lain, katanya, sakit bgt, lama bgt bisa 3 jam, trus ina ini inu, gw ngga tuh...

Oh iya, setelah dioperasi gw percaya bgt bahwa gigi itu kumpulan saraf2 yg memang penting dan menghubungkan saraf2 ke organ tubuh yg lain. Soalnya selama operasi, walau dibius lokal, gw bisa ngerasain kaki, tangan, telinga gw bisa gerak2 kecil sendiri, plus pas ada saraf sensitif yg kena (entah apa itu namanya) semuka- muka rasanya kesetrum...

Ah finally gw ngelakuin ini jg...Alhamdulillah...ga ngerti ni keberanian datengnya dr mana, mungkin gara2 pengen sehat demi anak2 :') *melow* *emak2sensitip*

Akhirnya waktunya bayar...jenggonjreng...
Buat operasi abis sekitar 2,5 jtan
Buat cabut akar gigi 500an
Buat obat2an sekitar 150an
Sehat itu murah, sakit itu mahal bebeb...
Tapiiiii harga sepadan dengan hasil, dokternya bagus, pelayanannya bagus...dibanding denger cerita2 yg katanya lebih murah tp sakit,dokternya jutek,nyebelin,kasar.

Naaah buat temen2 yg mau operasi jg.
- siapin tisu karna setelah operasi, darah masih keluar bersama dengan jigong2nya hahaha...soalnya susah nelen, dan produksi air liur jg meningkat.
- sebisa mungkin pas operasi di tungguin orang lain, jadi ada yg jagain pas pulang setelah operasinya.
- jangan nyetir ya setelah operasi, karna yg gw rasain sih lemes, dan takutnya tiba2 dijalan efek obat bius nya keburu abis, sakit kan tuh.
- setelah nyampe rumah, sejaman kemudian, makan trus langsung makan obat dari dokter. Obat antibiotik sama penahan rasa sakit. Biar mengurangi rasa sakit setelah efek biusnya ilang.
- selama 2-3 hari awal, kompres bagian pipi yg giginya abis dioperasi pake air es ya, biar darahnya cepet berenti dan mengurangi bengkak. Nah 3 hari selanjutnya pake air anget biar aliran darahnya lancar.
- satu hari setelah operasi biasanya pipi bengkak bgt, tapi itu gpp, efek yg wajar.
- jangan dulu makan yg pedes dan panas2
- makan yg lembut2 dulu ya, bubur, jus, havermut, dll. Yak untuk pencinta nasi padang macam gw, ini adalah cobaan berat hahahah
- tetep gosok gigi tp pelan2, dan sering kumur2 ya.
- hindari orang2 menyebalkan, karna efek sakit gigi adalah pengen nonjok orang hihihi.
- Nah seminggu abis operasi dateng lagi ke dokter bwt buka jaitan deh...

Dadah gigi geraham bungsu, i will not missing you! *joget2*

8 komentar:

  1. aku juga mau d operasi deg"an sis :'(
    biaya bs d cari, sakitnya itu, udahannya itu, nelen ga bs itu krna sakit sis?

    BalasHapus
  2. Aku baru selese op grhm bungsu melintang td pagi... heee ternyt bnr yaaa, jd gak selera mkn n susah nelen... positif thinking aja deh, cmn seminggu ini... lumayan bs trn brt bdn bbrp kg qiqiqiq

    BalasHapus
  3. makasih buat infonya nih, sangat bermanfaat sekali..

    BalasHapus
  4. Saya barusan aja diexekusi sis giginya. Rasanya pasca operasi itu cetar membahana :'). Lagi mrnyemangati diri untuk makan siang ini, obatnya sudah ngantri harus diminum. Padahal mulutnya masi suaaaaakit dibawa makan

    BalasHapus
  5. Ak jg habis operasi gigi nih dh 2hari.hari pertama ak mriang badanku skt smua mual2 pusing juga.dan hari kedua inj alhamdulilah badan ga mriang tapi masih bengkak besar bgd pipi kirinya krna kebetulab yg di operasi gigi geraham kiri bawah... rasanya pegel bgd ni pipi2..nihau mulai dkompres pake air hangat krna darahnya ga da yg kluar..doain ya gays moga cpt sembuh.... :-)

    BalasHapus
  6. Hallo sis. Mau tanya itu operasi lagi menyusui aman ya? Obat2an nta dikurangi dosis apa dibedain?

    BalasHapus
  7. Hallo sis. Mau tanya itu operasi lagi menyusui aman ya? Obat2an nta dikurangi dosis apa dibedain?

    BalasHapus