Selasa, 07 Januari 2014

Cincin kawin emas haram?

4 tahun yang lalu, lagi persiapan nikah dan cari2 cincin kawin, seperti pasangan yang lain kita hunting cincin emas. Udah diingetin nih sama teteh saya, kalau laki2 itu diharamkan menggunakan cincin ataupun perhiasan emas, tapiiiii karna si hana bandel dan ga nyari2 info lg akhirnya saya dan calon suami tetep milih emas sebagai cincin kawin.

Soal hadist haramnya perhiasan emas untuk laki2, silahkan cari info sendiri ya,ke ustad2 atau ahli agama lainnya. 
Salah satunya bisa dibaca disini


Sorry ya ngasih linknya acak2an,buka blog pake hp soalnya, ga ngerti masukin link klo pake hp (as always gaptek)

Nah,setelah 3 tahun menikah, Alhamdulillah diberikan kemudahan oleh Allah untuk mendapatkan ilmu mengenai hal ini. Mulai dari situ deh suami ga pake cincin, bukan sunah lagi uy hukumnya tapi HARAM :s 

Tapi tapi, ga tau kenapa ya, klo ngeliat laki2 yg sudah menikah dan berkeluarga tp ga pake cincin tuh identiknya "nakal". Kan ada tuh cowo2 beristri tp pas mau main keluar rumah cincin kawinnya dicopot biar disangka msh single.

Untuk menghindari fitnah dan suami jg emang pengen pake cincin jg ya udah kita cari lagi deh,cincin kawin tapi bukan dari emas. Pilihannya tuh ada banyak, antara lain palladium, platinum, perak, alloy. Tapiiii denger2 sih nyari cincin kawin bahan ini tuh harus ke jakarta atau online. Tadinya sih klo mentok susah nyarinya dibandung, kita mau beli perak aja,hemmm tp suami kurang setuju, cincin kawin dr perak kaya main2an katanya hihihi...

Mulai lah hunting cari2 cincin kawin palladium, udah keliling2 bandung tp ga nemu :(
Trus minta tolong deh di facebook, kali aja ada yg tau toko emas di bandung yang jual palladium...
Ada yg bilang bisa onlie aja di orori.com, udah dicoba nih, tapi ternyata mereka ga bisa bikin cincin palladium dengan model yg kita request, selain itu beli cincin kawin online asa gimana gitu, takut ukurannya salah, takut ga cocok jg.

Nah ada jg temen,utet namanya, yang nyaranin toko emas dideket pvj tapi dia lupa namanya.
Eh dipikir2 yg deket pvj tuh toko emas LARIS, buset! Kenapa ga kepikiran ya. Ini tuh tempat dimana dulu kita beli cincin kawin pertama kali, emang tempat ini recommended bgt, barang dan pelayanannya bagus.
Akhirnya kita dateng deh kesana, Alhamdulilaaah ternyataaaaa mereka jual cincin palladium.nah selain palladium ternyata mereka juga nawarin cincin kawin dari bahan alloy. Harga alloy lebih murah 50ribu dari palladium.

Tadinya, yang mau bikin cincin cuma suami, model cincinnya disamain sama dulu tp beda bahan aja, lumayan ngehemat jg :p .tapi suami bilang "udah kita bikin baru aja,model baru" yo wes akhirnya kita bikin cincin kawin baru,model baru dan bahannya dari alloy.
Oh iya, kenapa kita pilih alloy?
Jadi gini, pas ditanya ke kokonya, "pallasium mengandung emas ga ko?" Nah dia jawab ragu2? "Emm,klo ga salah mah ada kadar emas putihnya tp dikit, soalnya yg ngeluarin antam" nah loh!
Dibanding ragu2, ya udah kita pilih alloy (padahal milih karna lebih murah hahahha)

Kita maunya modelnya kaya gini nih

Cincin kaya lord Of the ring, tapi ternyata mereka ga menyediakan font tulisan kaya gitu, cuma bisa huruf latin miring biasa.
Selain itu, tadinya sih kita pengen tulisannya tuh jelas, jadi pake warna item, sebelumnya mereka bisa bikin kaya gitu, berhubung tukang dan mesin nya ga ada, jadi ga bisa lagi deh.

So jadinya cincin kita pake bahan alloy, doff (tidak mengkilat), tulisannya mengkilap, ditulis diluar cincin, penuh ngelilingin cincin. Tulisan dicincin suami "hana isyana 05 desember 2009" dan cincin saya "billy goenandar 05 desember 2009" 
Lumayan kan ya, klo lupa nama suami bisa nyontek dicincin mwehehehe :p

Sugan teh bayarnya bakalan lebih murah dari cincin kawin emas pas dulu nikah, eh taunya lebih mahal *GagalNgirit* tapi ga apa2 lah, anggap aja kado ulang tahun pernikahan ke 4 tahun :D

Ini hasilnya: 

 

Abaikan tangan buntetnya okeh! Hahaha



Jadi sekarang suami pake cincin alloy dan si hana pake 2 cincin muahahahha, ginding :p

Oh iya, alloy ini jg bisa dibersihin kaya emas klo dah kotor atau kegores2. Bisa juga warna tulisannya diganti klo mesinnya sudah tersedia lagi...

Okeh teman2 yang mau menikah, klo mau hunting cincin kawin yg bahannya selain emas silahkan ke toko mas LARIS, dijamin puas, pelayanannya bagus, ramah, dan bisa bikin cincin sesuai budget kita juga...

Laris Jewellery
Jalan Sukajadi No.105
Bandung
022-2035252

Klo dari arah pasteur (bawah) si laris ini sebelum PVJ ya :) dikiri jalan sejajar dengan pvj, klo bawa mobil parkirnya dikanan jalan. Lebih enak dateng dari arah atas, jadi parkirnya enak. Karna daerah ini macetnya terkutuk klo weekend,susyah puter balik :s 

Happy hunting wankawan :)

4 komentar: