Minggu, 19 Januari 2014

Proposal Hidup

Selamat pagiiiiiiiiiii *NyengirKuda* 
Mau cerita2 dikit aaaaah...

Pernah denger ga istilah ini? 
"What you say is what you wish"
"what you wish is what you get" "omongan adalah doa" 
"dream and make it happen" 

Beberapa waktu yg lalu saya beli buku "proposal hidup" nya pa jamil azzaini, yang intinya sih ngajarin kita membuat impian itu senyata mungkin, tulis, doakan, dan ajukan proposal/permintaan itu pada Allah.

Kebetulan dari semenjak kecil dulu, terutama smp-sma saya seneng nulis lewat diary...walaupun hanya sekedar curhat ga jelas atau maki2 orang yg saya ga suka lewat tulisan, tapi menulis itu menyenangkan, rasanya kaya masuk ke dunia sendiri, dimana skenario, intonasi dan peran, bisa kita "atur" sendiri!

Saya inget bgt, setelah menikah dengan seorang suami yang menurut saya istrinya adalah laki2 yang super duper baik...saya pulang ke rumah mamah sebentar dari rantauan, beres2 kamar tidur saya yang dulu, dan nemu kertas2 dan diary2 jaman dulu... Disana saya nemu selembar kertas jaman sma dulu yg judulnya "kriteria cowo impian" hahahaha geliiiiiiiii, alay maksimal :)))) tapi tapi pas dibaca listnya semua kriteria itu ada disuami sekarang, ternyata gw udah request kriteria suami gw dari jaman sma dulu :D dan dikabulkan Allah, Alhamdulillah :)

Nah Semenjak menikah menulis impian2 ini dah jadi rutinitas tahunan, kebetulan punya suami yang orangnya optimis dan otaknya dipenuhi impian2 jg, tambah klop lah...

Dan boleh percaya atau engga, ditahun2 kebelakang, semua impian dilist tersebut terkabul :)))
Biasanya kami menulis impian ini tuh diawal2 tahun dan dijadiian doa disetiap sholat, tapi ga dibuka2 lg tuh si kertas, dan tadaaaaaa sadar ga sadar dah terkabul satu persatu...

Salah satu yg bikin saya percaya ga percaya...
saya dan suami menuliskan  impian di tahun 2010...
- mengumrohkan orang tua 2011 atau lebih cepat
- mengumrohkan mertua 2012 atau lebih cepat
- mengumrohkan si ini dan si itu 2013 atau lebih cepat
- mobil baru, warna ini, merk ini tahun 2013 atau lebih cepat
- usaha peternakan kambing 2013
- ayah naik jabatan tahun jadi ini, divisi ini, tahun 2012 atau lebih cepat 
- adik untuk neisha 2013 atau lebih cepat

Daaaaaan Alhamdulillah semuanya dikabulkan Allah, walaupun ada waktunya lg lebih cepat ada yang lebih lama, ada yg diganti juga dr peternakan kambing jadi ayam, mobil merk ini jadi diganti itu...hihihihi...Alhamdulillah
Padahal, kalau diliat dari kalkulator dan itung2an saya, itu ga mungkin...mengumrohkan beberapa orang? Duit dari manaaaa? Eh ada aja rezekinya. 
ayah naik jabatan? Lah orang baru bentar ko kerja diperusahaan itu, orang lain aja harus nunggu 5 tahun lebih, eh si ayah baru 2 tahun lebih, masuk tahun ke 3 udah dites dan lolos...ga ada yg ga mungkin...

Nah tahun ini, saya ajukan proposal terbaru impian2 kami, saya dan suami, semoga bisa terkabulkan, semoga barokah, semoga bisa membawa manfaat bagi kami, anak, keluarga, dan orang banyak...

Saya share ya gimana bikin proposal impiannya, bismillah:

- sebelum buat list impian, ngobrol dulu sama suami tentang semua ya diimpikan dan yg diharapkan. Selaraskan, samakan  mimpi. Aaah proses ini selalu indah buat saya ;)

- siapkan buku atau karton atau apapun yg temen2 suka...kita sebut itu buku atau proposal impian

- tulis semua impian yg temen2 mau secara detail, sedetail2nya...
Misalnya: pengen mobil, warna apa, taun brp, harganya brp, kapan?, dan selalu akhiri "lebih banyak" "lebih cepat" "lebih besar" contohnya:
Mobil honda CRV warna hitam, harga 400juta, untuk tahun 2000 atau lebih cepat.
Ingin pergi umroh dengan suami lewat travel safari suci, harga berdua 50jt, tahun 2000 atau lebih cepat.

- inget ya, impiannya yg realistis maksudnya jangan mimpi aneh2 pengen bisa terbang kaya burung, pengen punya ilmu menghilang atau pengen punya muka kaya dian satro ngihihihi...

-bikin impian boleh muluk2, tapi cari impian yg sepertinya punya "jiwa" yang kayanya bikin merinding...
Contoh: nulis pengen mobil lamborgini, tapi pas dibayangin ga "merinding", tapi pas ngebayangin mobil honda malah "merinding" serasa nyata pas ngebayangin pake mobilnya...
Klo gw secara pribadi sih suka mikir ampe detail bgt...klo gw mimpi pengen lamborgini, mahal ngurusnya, blom pajak tahunannya, blom klo rusak repot hihihihi jd mimpinya ga terlalu muluk2, mimpi yg lebih gereget kita mimpiin aja.

-udah ditulis secara detail, sedetail2nya, cari gambarnya, tempel di bukunya...biar mimpinya lbh men"jiwa"...

-nah udah selesai, simpen bukunya, lalu seminggu kemudian terkabul...
Hahahha yakaliiiiiiii...harus usaha lah...

-usaha nya dimulai dari cari tau caranya, itungannya, misalnya nih...
Pengen mobil A? Dateng ke showroom atau liat2 dan browsing mobil yg dijual, cari tau harganya.
Pengen rumah B? Liat2 rumah bareng suami, keliling2 cari2, tanya agennya, cari tau harga dan cara bayarnya....
Cari tau sana sini, liat ini itu sana sini ga bayar ko, nanya doang GRATIS!

-nah setelah cari tau ini itu, kita buat perhitungan secara manusianya.
Punya gaji segini, klo mau rumah itu atau mau umroh harus nabung segini setiap bulan, ternyata baru bisa kebeli misalnya 10tahun lagi?! Ya ga apa2, itu kan itungan manusia, matematika kita tuh ga sama dgn matematika dan itungan Allah, klo tiba2 Allah kasih jalan lebih cepet, bisa kan?

- setelah impian itu ditulis, dibayangkan, dicari tau gimana cara dapetnya, dibuat senyata mungkin. Saatnya kita serahkan proposal itu pada Allah disetiap doa.
"Ya Allah, saya mau ini, saya mau itu, saya mau ini karna ini, saya mau itu karna begini, permudah ya Allah, jangan persulit, perdekat ya Allah, jangan dijauhkan, seseungguhnya Engkau maha pengabul doa, sesungguhnya Engkau maha kaya, permudahlah kami memperoleh rezeki yang halal agar kami terhindar dari yang haram, permudahlah kami mendapat rezekiMu, agar kami mudah menolong sesama"

- setelah itu, minta doa jg sama orang tua, sampaikan impian kita, dan minta orang tua kita aamiinkan.

Inget ya, jgn cuma mimpi, jgn cuma angan2, klo kita punya proposal, klo kita berdoa aja, tapi ga ngapa2in, ya susah jg mimpinya terwujud.

Saya inget kata2 oprah winfrey
"You can have it all. Just not all at once" yap, semua butuh proses, satu persatu, ga semua yang kamu mau bisa diwujudkan dalam satu waktu. Yang kita liat bukan hasilnya tapi prosesnya kan?

Daaaaan berhentilah mengeluh teman...omongan itu doa...makin lu ngeluh, makin lu terpuruk...
"Duh gw ga punya duit" "duh gw teh hidup susah mulu" than itu lah yg sedang lu request sama Allah. Udah ga bersyukur dgn yg ada, eh ngeluh mulu lagi!

"Be thankful for what you have; you'll end up having more. If you concentrate on what you don't have, you will never, ever have enough"-oprah-

Dan bukan berarti dengan kita punya impian yang banyak, kita jadi ga bersyukur dengan yang ada, dengan apa yang udah kita punya sekarang. Bersyukur dan Insyaallah akan bertambah nikmatnya.
Kita bukan bahagia karena uang, bukan bahagia punya ini itu, kebahagiaan kita kan ga tergantung kita punya apa. Kita bahagia ya karna bersyukur aja, Alhamdulillah.

Dan jangan pesimis...
Ga mungkin deh ini, ga mungkin deh gitu, masa Allah mau ngasih ini, masa Allah mau ngabulin mimpi gini.
Allah itu sesuai prasangka umatnya. Allah maha besar, Allah maha pemurah, Allah maha memberi, Allah maha kaya, Allah maha pengabul doa, Allah maha pemaaf..."Allah sesuai prasangka umatnya" aaamiiin...

Sebenernya proposal ini lebih kaya "to do list" nya kita pas lg kerja, kita jd inget terus apa yg kita mau, terbayang2 terus, rinci pengennya apa, tau harus usahanya apa...mempermudah alam bawah sadar kita bekerja...

Eh proposal tuh bukan cuma materi ya, tapi impian untuk membuat kita lebih baik juga, misalnya
- mulai bulan mei 2013 puasa senin kamis.
-mulai bulan maret 2013 sholat dhuha tiap hari
-sedekah 20% penghasilan tahun 2013
-punya 1 anak yatim tahun 2013
-awal tahun 2014 turun berat badan 5 kg *uhuk* curhat 

Selamat membuat proposal hidup manteman, mudah2an segera di acc Allah ;) 

Ayo jamaah, kita aamiin kan "AAAAAMIIIIIIIIIIIN"



2 komentar:

  1. Salam kenal mba Hana, cerita2 nya sangat menginspirasi dan lumayan bikin terkikik jg kata katanya..hehe..setiap hari saya jdi sllu menyempatkan diri membaca cerita2 di blog mba Hana ini..tetap slalu menginspirasi mba :)

    BalasHapus
  2. salam kenal mbk hana,
    suka postingannya
    nyonto ah... :)

    BalasHapus