Senin, 23 Maret 2015

Ini MEDAN Bung! *roaming*

Beda kota, beda pulau, beda juga bahasanya...
Sebelum pindah ke Medan udah diajarin dikit2 soal kebiasaan dan bahasanya orang medan sama ayah, sempet juga dikasih kamus2an sama si cumi soal bahasa sehari2 di medan, ya Alhamdulillah sih, pas nyampe di Medan nya mah tetep weh blahbloh ahahahah...
Btw ternyata medan ini jauh dr bayangan gw, di kota medannya justru lebih banyak orang melayunya di banding orang bataknya, jadi bahasanya ga susah2 amat, tapi gaya bahasanya yg memang lumayan beda. Kalau di Bandung kan lemah lembut ya, nah disini kebalikannya, jojorowokan ahahah
Kadang2 gw kira lagi marah2, taunya lagi ngobrol biasa ngihihihi...
Pernah gw ke pajak (pajak=pasar) trus liat orang tawar menawar tapi kaya berantem, ngomongnya pake urat, eh taunya itu biasa aja ngga berantem, malah mereka teriak2 sambil ketawa2. 
Walaupun terlihat galak dan sedikit bikin ciut, orang medan yg gw temuin aslinya baik2 bgt, mulai dari tetangga, temen2 baru sampe tukang sayur, pelayan supermarket, tukang parkir sekalipun baiiiiik bgt kelakuannya. Cuma ngomong aja yg sedikit keras tapi prilakunya sangat baik. Mereka emang gaya bicaranya aja yg keras dan ceplas ceplos, apa adanya, klo a ya bilang a, b ya bilang b, tapi baik. 

Oh iya ini beberapa pengalaman saya di Medan yg sempet saya posting dipath...

(Ngobrol sama guru neisha waktu pertama kali masuk sekolah)
Gw: Mulai sekolahnya tuh kapan sih miss?
Guru: Semalam ini harusnya neisha masuk
Gw: Hah? Sekolahnya ada yg malam? Bukannya pagi jam 8? *bingung*
Guru: (Muka bingung) sekolahnya memang pagi mom, mulainya semalam
Gw: *TambahBingung* sekolahnya mulai senin kan? Pagi kan?
Guru: Iya hari senin pagi, semalam mom...
Haeeee, dapat disimpulkan...
Semalam (bahasa medan) = kemarin (b.ind)
Lama2 pitak pala awak...cik mana kamus medan lah...


(Contok Percakapan suami & temen kantor)
Percakapan 1
Ayah: yan, cok kau urus lah itu, biar apalah sikit.
Temen: ok bang

Percakapan 2
Ayah: halo, dimana si abang x?
Temen: di itu bang, lagi apa lah itu dia.
Ayah: ok lah, kabarin klo sudah ok

Ini sering bgt loh kaya gini...
Ngomong saling ga jelas, tapi mereka saling ngerti...
Dan hampir sama semua temennya gini...
Orang medan komunikasi pake telepati gitu ya? 

(Awal dateng ke medan)
Ayah: Bun, udah dateng orang yg ngirim barang?
Gw: Blom yank, ga ada kabar pula
Ayah: Ah, masuk angin tu orang
Gw: Iya kali sakit
Ayah: Hahhaha, dimedan "masuk angin" tuh artinya "teu baleg" klo disunda atau "ga bener" klo di b. ind
Gw: -____-

(Smsan sama tetangga depan)
Gw: ka, neisha ada disitu ya?
Dia: ada ni na, lg main sama si putri
Gw: kaka lg apa? Lg santai ga?
Dia: siap masak na
Gw: oh ya udah, klo udah santai aku maen situ ya
Dia: aku santai lah ini
Gw: sorean aja lah beres kaka masak
Dia: (ga bales)

Omak! Kata si ika jg, siap (medan) = selesai (b.ind)
Dia ga bales mungkin mikir 
"Tolol kali ni orang" 
Hahahha

(Ngobrol sama orang tua murid)
Gw: rumahnya deket ka dari sekolah?
Dia: deket, naik kereta kami.
Gw: hah? Deket ko naik kereta? Memang ada ya jalur kereta deket sini? 
Dia: iya lah, naik mobil macet, jalan kaki terlalu jauh, ya kami naik kereta biar gampang.
Gw: naik kereta turunnya dimana ka?
Dia: itu diparkiran na, sama saja dengan ko simpan mobil.

Bujug!!!
Baru nyadar, percakapan konyol ini akibat dari si hana yg lupa klo kereta (b.medan) = motor (b.ind)  *Garuk2tembok*

(Mau parkir di mall)
Maaf klo dimedan si hana diajak ngomong suka delay sepersekian detik, kadang baru nyadar sepersekian menit...

Tukang parkir: musing ka, musing...

Gw: *BukaKaca* hah? Apa? *MukaTolol* *calangap* 

Tukang parkir : musing ka

Gw: (njrit ngomong naon maneh!) hah? Apa bang? *MukaMemelas* *BerharapAdaKataSandi* *SandiMorsePlease*

Tukang parkir: musing ka *sambil muter2 tangan*

Gw: oooooh, ok...maksud si abang ternyata muter balik!

Sementara itu...
bunyi klakson dibelakang mobil gw saling bersautan...ahahahahha...

Si Hana CERDASSSSSS


Yak begitulah sebagian contoh ke gagapan bahasa gw di medan, tapi Alhamdulillah sekarang udah lancar lah, walau masih suka blahbloh juga hahaha

Really fall in love with Medan,
Hei medan, aku padamu :* 

HORAS!




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar