Selasa, 17 November 2015

Get well fast Papa

Seperti biasa hampir setiap harinya, hana, si bungsu ini nlp papa di Bandung. Obrolan ayah dan anak ini ga jauh dari nanya kabar, nanya keadaan n cerita apapun kegiatan masing2 setiap harinya, tapi pembahasan hari sabtu beberapa minggu kemarin itu jauh dari kabar suka cita.

"Pah, nuju naon, sehat?" Tanya si hana
"Alhamdulillah, tapi papa mau cerita, tapi hana tong kaget" jelas papa "hari jumat hana teu nlp nya? Hari jumat pagi, pas papa bangun, tiba2 sesek nafas, dada sakit, keringetan, lemes"
"Hah? Terus? Papa dirumah aya saha?" tanya si hana panik
"Dirumah sendiri, jd papa pas sakit dada, langsung minum air anget, buka kunci pintu pager, trus nlp teteh, mang oson, n bi tayah, bisi papa pingsan, meninggal, tapi pada ga tau" jelas si papa

Gustiiiii, lemes selemes lemesnya denger papa ngomong gitu. Jadi inget almarhumah mamah saat meninggal dulu, ciri2nya sama, kebangun tengah malam, sakit dada sampai susah ngomong, banjir keringet, dan saat itu dirumah hanya ada papa n mamah. Bisa dibayangkan paniknya papa? Ah enggan cerita detailnya, suka "patah hati". Jadi membayangkan papa kesakitan di rumah sendirian itu jg sedihnya minta ampun.

"Terus knp ga ngabarin hana? Skrng gimana? Kedokter atuh, hana pulang ke bdg nya pa" tanya saya sambil menahan tangis 
"Ga usah pulang, papa tos teu nanaon, sehat, teteh udah ngobatin papa, dibekam, akupuntur, teteh nginep dirumah ayeuna, papa sehat" kata papa menenangkan

Setelah menghubungi papa, segera saya tlp teteh (kakak perempuan saya) untuk menanyakan keadaan papa, tangis saya sudah tak tertahan lg, air mata membludak cuma2 minta dimuntahkan.
Teteh bilang papa terkena serangan jantung ringan, setelah di bekam ternyata darahnya hitam dan kental, tanda kekurangan oksigen, jadi supply oksigen ke jantung dan otak sangat kurang. Tapi Alhamdulillah setelah dibekam, diakupuntur n diberi herbal papa berangsur2 membaik. Alhamdulillah punya kakak herbalis handal. Hatur nuhun teteh sayang yg sudah merawat papa walau kesibukan usaha dan kuliahnya segudang. 
"Teteh kenapa pas papa serangan kemaren ga ngabarin?" Tanya saya
"Papa bilang jangan, takut hana kepikiran, panik, terus kan papa bilang billy mau ke korea, takut jd batal" jelas teteh
Gusti sakit gitu masih mikirin anaknya :'(

Terus teteh bilang "tadi papa udah bilang soal ngurus surat kematian gimana, ngasih tau buku tabungan dimana, trus bilang warisan, trus nitip adek2 teteh klo papa udah meninggal harus saling kompak, dan inget sholat" :'( 

Gimana ngga lemes sih dengernya, bulan kemaren aja papa beli kain dari solo, terus saya tanya itu buat apa, papa bilang "ya siap2 atuh, kan nanti klo meninggal pake kain sinjang, jadi papa beli yg bagus" 
Terus saya marah "ih! Naon sih ngomong2 meninggal, ntar aja meninggal mah lah, masih lama" dan papa hanya balas dengan senyum.

Setiap ulang taun papa bilang gini "jgn didoain panjang umur, doain sehat aja biar ga nyusain anak2" :'(

Papa ini adalah ayah super cerewet dan sangat detail, cerewet karna sayang bgt sama anaknya. Papa jg jarang sakit, ga pernah malah. Jauuuuuh sebelum olah raga lari jd lifestye yg booming skrg2 ini, babeh si hana ini adalah pelari paling pantang cape hahahah, kemana2 jalan, kemana2 olah raga, sehat. Jadi waktu tau papa sakit, panik bgt.

Alhamdulillah beberapa minggu ini kondisi papa jauh membaik, yg tadinya gampang cape, skrng udah mulai aktifitas seperti biasa, yg tadinya suka sakit dada skrng udah ga pernah lagi. Selain tes keadaannya ke Dokter, papa jg minum herbal yg dikasih teteh, makanannya pun skrng dijaga, ga boleh digoreng2 hanya kukus dan rebus.

Oh iya, waktu si hana nangis2 gara2 kepikiran papanya, neisha nyamperin bundanya sambil meluk, ikut nangis, trus bilang "bunda knp nangis? Papa sakit? Jgn nangis ya, teteh sedih" 
"Iya, doain papanya sehat ya" kata saya

Nah, beberapa hari kmren secara tiba2 teteh neisha nyamperin bundanya sambil nyodorin selembar kertas "bunda, teteh sayang papa"

Cucunya kangen jg nih pah :') sehat terus papa super :*


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar