Selasa, 13 September 2016

Cacar saat hamil muda

Hamil anak ke 3 ini lumayan smooth bgt, ga ada mual, ga ada pusing2, kaya ga hamil bawaannya, sampe ada temen nanya "lu hamil yg ini bawannya repot ngga nun?" Dan gw dgn pd nya jawab "sumpah hamil yg skrng enak bgt, ga ada acara tumbang2an segala, gw bawa enjoy kali ya" tapi itu hanya sebentar sampai akhirnya *jengjrengjreng*

Malem2 teteh neisha badannya anget plus batuk2, "ah mau flu nih, mungkin gara2 badan ga fit n kmren ikut renang disekolah" feeling gw. etapi etapi pagi2nya si neisha dgn santainya bilang "bunda, teteh punya gelembung air loh ditangan, sama kaya temen teteh disekolah" dengan bangganya dia pegang2 kaya punya mainan baru *hadeuh*

Pas gw liat, ada bentol kecil isi air gitu satu biji ditangan dan gw langsung curiga itu cacar air, berhubung gw hamil dan blom pernah kena cacar seumur idup, jelas gw panik! Kalo nuler ke emaknya pieeee?
Browsing sana sini, googling seharian soal cacar saat hamil, ah lemeeees, you know lah ya, info dr mba google kan kadang ngeri2 gitu. 

Ga pake mikir, malemnya minta anter suami ke dokter anak bwt ngobatin neisha & konsultasi sama dokter soal emaknya yg lagi hamil takut ketuleran. Dokter bilang neisha harus meliburkan diri sampe sembuh, sekitar 10 hari ga boleh sekolah, dikasih obat sama salep anti gatal, emaknya? Disuruh jgn deket2 & dikasih vitamin c gitu buat booster daya tahan tubuh.
Wait, ga boleh deket2 sama neisha? Wah ini mah mustahil, lah ni anak lg sakit gini emang sapa yg mau urus?
Disaat itu jujur gw kalut dan stres, ngefek sama kondisi kehamilan gw, yg tadinya ga mual muntah, ga lemes, ga tepar, tiba2 muntah2, pusing, migren, meriang, haeeeeh ini mah bukan bawaan bayi, tapi bawaan emaknya yg panik.

Alhamdulillah suami turun tangan, "tenang bun, Bismillah, sabar, Lillahitaalla, gini aja, tiap pagi ayah mandiin neisha (si neisha biasanya mandi sendiri, pas sakit cacar, kena air dikit mewek), pakein salepnya jg, bunda tinggal suapin makanan sama obatnya ya, jgn lupa pake masker, nah nanti malem pas mau tidur ayah jg yg olesin salepnya, jgn bunda ga usah bersentuhan sama neisha, ayah jg tidur sama neisha aja dulu, bunda urus zura aja ya"

Ok lumayan bikin tenang tapi tetep was2, takut lg hamil ketuleran cacar, takut jg si zura yg msh kecil kena cacar juga, Bismillah, mudah2an ga apa2.

Setelah hampir 2 minggu Alhamdulillah neisha sembuh total dan gw dah PD banget ga ketularan, tapi ya gimana lagi yaaa, kalo kata Allah terjadi, ya terjadilah.

Sore itu gw demam, meriang, dikira emang bawaan hamil, etapi ko ada jendolan isi air di muka, hemmm CACAR! reaksi saat itu? Panik ga karuan. Nlp suami yg masih dikantor, nangis2. Malem itu jg ke dokter kandungan dan konsultasi. Reaksi dokter yg pertama kita datengin "emmm, saya ga jamin ya bu bayinya ga kenapa2, soalnya hamil muda, baru 7 mgg" dgn muka khawatir "saya kasih anti virus sama vit c ya, klo baby nya ga kuat, nanti dia luruh sendiri" aduduh tambah mewek. Pulang ke rumah, sholat sambil tiduran (saking lemesnya ga kuat berdiri) mewek ga trima sama keadaan, nangis terus sampe disamperin neisha yg ngelus2 sambil bilang "bunda knp nangis? Sakit kaya teteh ya? Maaf ya." Katanya sambil ikut nangis keliatan merasa bersalah
"Gpp teteh, doain aja ade bayinya sehat ya, bundanya jg cepet sembuh"

Alhamdulillah selama sakit, dgn kondisi muka dan badan yg GA BGT! Badan sakit meriang, lemes, susah makan, muka penuh bentol2 cacar, suamilah yg telaten ngurusin, dari mulai bangun tidur sampe mau tidur lg. pagi sebelum pergi ke kantor mandiin n pakein salep istrinya, trus ngurusin anak2 dulu baru berangkat kerja, siang anterin makanan pake gojek, malemnya salepin lg istrinya sambil tekun dengerin rengekan kepanikan istrinya. Sampai akhirnya suami bilang "ya udah kita cari second opinion yu bun, cari dokter lain" 

akhirnya besok paginya ayah libur n kita berangkat ke rs colombia. dokter yg praktek saat itu ada dr joshimin foead, curhat lah sama si dokter, sang dokter tanpa panik cuma jawab "ga apa2 ibu, saya jg baru menangani pasien yg saat awal kehamilan kena cacar, baru minggu kemarin melahirkan dan sehat ko" katanya. "Kita obati dgn benar dan lihat terus perkembangannya ya" lanjutnya.
"Jadi kehamilan nya lanjutkan dok? Ga perlu digugurkan?" tanya saya panik "ga usah, yg sangat berbahaya untuk kehamilan itu campak, cacar hanya 2% ko kemungkinan mempengaruhi kandungan" 
"Tapi saya googling ko ngeri2 ya dok, ada kemungkinan terburuk pada bayinya dok, katanya bisa keguguran, dll" lanjut saya banyak tanya
"Setiap kemungkian itu ada, yg tanpa terkena cacar, bayinya kenapa2 pun ada, kita lihat perkembangannya ya, yg penting skrng, jgn panik, jgn stres, kasian bayinya" tutup si dokter sambil menulis resep obat.

Pulang dari rumah sakit ketemu dr joshimin ini Alhamdulillah lebih tenang dan positif thinking, Bismillah ya Allah, Lillahitaalla.

Ada saatnya dimana kita tuh cuma bisa P A S R A H, ga bs ngapain2, mau marah percuma, mau terus2an sedih cape, takut pasti ada, semuanya skrng ditangan Allah, ikhitiar udah, berdoa udah, skrng tinggal P A S R A H...

Seminggu lebih akhirnya sembuh, tinggal bbrp bekas cacar yg masih kecoklatan. Eh ajaibnya Alhamdulillah si zura ga ketularan cacar, segitu waktu neisha sakit masih tetep deket2, waktu emaknya cacar pun dia masih peluk2, daya tahan tubuhnya berarti bagus, hebat ah. 
Btw setelah sakit cacar ini, bawaan 
hamilnya manjaaaaa bgt (sugesti jg kali ya hahah) gampang cape, lemes mulu, tiap malem meriang.

Oh iya, ini beberapa blog yg jd penyemangat disaat drop gara2 sakit cacar, makasih banyak terutama mba liana yg mau ditanya2 lewat whatsup...makasih udah jd pil penyemangat dan penenang...semoga Allah membalas segala kebaikannya :*
Dan

Makasih juga ka baby hutapea yang udah kasih resep ampuh biar cacarnya ga berbekas :*
Makasih Ka yaya yg udah kirim bubur enak penggugah selera makan :*
Makasih Ami cumi yg mendadak jadi mamak supir jemputan neisha bwt pulang sekolah :*
dan makasih buat perhatian, bantuan temen2 lainnya...ilopeu puuuul *cipok*

Alhamdulillah juga ketemu sama dokter joshimin foead di rs colombia asia medan. Dokternya ramah dan sangat detail, yg terpenting ga pernah bikin panik dan luar biasa menyemangati.
Tiap di usg, beliau jelaskan dgn rinci satu persatu dr mulai kepala, sampai ujung kaki si jabang bayi tanpa tergesa2, malah klo kita tanya, dia jelasin ulang sampe kita bener2 puas.
Awal dateng pasti ditanya "ada keluhan ngga?" Setelah selesai konsultasi, tulis resep vitamin beliau jg tanya lg "ada yg belum jelas? Ada yg mau ditanya lagi ga pa, bu?" 
Makasih dokter joshimin­čśŹ

Nah ini hasil usg 4D sama dr joshimin waktu dede bayi umur 7 bulan dikandungan, Alhamdulillah sehat, lengkap, ga ada cairan diotak, jantung bagus, mata normal dll, Alhamdulillah...


Pengen bgt lahiran di medan sama dokter joshimin, tapi ternyata waktu hamil 7 bulan harus pindah ke bandung.
Di bandung ga perlu lg cari dokter kandungan yg klop, karna Alhamdulillah dah ada dokter baik nan sabar yang udah jadi pegangan semenjak hamil anak kedua dulu, dokter widyastuti. 
Kebetulan jg dokter widyastuti ini lah yang nanganin mba liana yg waktu awal kehamilan kena cacar juga.

Waktu ketemu dokter widyastuti dan konsultasi, Alhamdulillah kondisi si jabang bayi sehat, dokter widyastuti cuma bilang "sebagai manusia yg bisa kita lakukan adalah berdoa, pasrah dan ikhlas, jangankan cacar neng, yg selama hamil baik2 aja tapi pas ngelahirin ternyata anaknya ada masalah jg ada ko, trus mau gimana? Ga trima? dibuang? Kan engga ya. Alhamdulillah si dede bayi sehat2 aja ko, jgn dibawa stres, kasian dede bayinya ya" katanya.
Trimakasih dokter wid :*

Alhamdulillah setelah 9 bulan lebih, lahirlah Ibra Sakha Goenandar dengan sehat, selamat dan tanpa kurang satu apapun. 


Hai pejuang hebatnya bunda, sehat terus ya sayang, aamiin...



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar